PT Crystal Laju Wisata
Welcome to bluesky Tour & Travel official website. Please contact our team to get the best deals for domestic and overseas tour packages.
general@blueskytour.co.id
+62 21 230 2929

Mudik Sambil Wisata di Jalur Selatan Jawa

MUDIK memang penting dan terkadang menjadi suatu kegiatan yang wajib. Namun cobalah sesekali merencanakan perjalan mudik yang tidak biasa dan tidak menjenuhkan, salah satunya dengan menyinggahi tempat-tempat wisata yang berada disepanjang jalur mudik.  Kita bisa sambil sesekali beristirahat dan menyiapkan oleh-oleh untuk keluarga dikampung halaman.

Di Pulau Jawa, ada 2 jalur yang biasa digunakan pemudik, yaitu jalur utara yang terkenal dengan sebutan Pantura, serta jalur selatan. Di sepanjang kedua jalur ini terdapat tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi.

Berikut adalah beberapa tempat menarik di Jalur Selatan yang bisa digunakan untuk berwisata.

Baca juga : Mudik Sambil Wisata di Jalur Utara

1 – Kawah Putih, Bandung

Kawah Putih merupakan sebuah danau kawah yang terletak di Gunung Patuha, dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 8-22°C. Ketika anda pertama kali menginjakan kaki di kawah ini, anda akan di buat terpukau olehkeindahanya. Disini anda akan disuguhi hamparan air yang berwarna putih kehijauan yang dikelilingi batu dan tanah yang berwarna putih.Bau khas belerang sangat terasa disini, sehinggan para pengunjung disarankan untuk tidak berlama-lama. Kawah Putih ini terletak sekitar 46 km dari Kota Bandung atau 35 km dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang, menuju Ciwidey.

2 – Candi Cangkuang, Garut, Jawa Barat

Jawa Barat tidak hanya memiliki Bandung yang asyik untuk dikunjungi saat liburan. Di sana juga ada Garut yang menyimpan sejuta pesona. Sambil melakukan perjalanan mudik, Anda bisa mampir ke Candi Cangkuang.Candi Cangkuang adalah situs sejarah di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, sebelah utara Kabupaten Garut, Jawa Barat. Uniknya, candi ini berada di tengah-tengah Situ atau Danau Cangkuang. Ingin wisata sejarah di Garut, Candi Cangkuang tempatnya!

3 – Pantai Batukaras, Ciamis, Jawa Barat

Batukaras adalah pantai dengan pemandangan yang indah. Lokasinya tidak jauh dari Pangandaran, Jawa Barat, yaitu sekitar 34 km. Pantai ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk relaksasi.Selain suasana tenang, Pantai Batukaras memiliki pasir yang landai dan air laut yang cenderung tenang. Anda dapat menikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi sambil menikmati hidangan di restoran yang tersedia. Tunggulah sampai sunset turun, karena pemandangan itu akan terlihat makin sempurna.

Pantai ini sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas, seperti hotel, masjid, toko suvenir. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini, seperti berenang, menikmati sunset, hingga berselancar.

4 – Green Canyon, Pangandaran

Green canyon sebenarnya mempunyai nama asli Cukang Taneuh, Nama Green Canyon dipopulerkan oleh seorang warga Perancis pada tahun 1993. Dinamakan Green Canyon karena tempat tersebut mirip dengan ngarai yang sangat terkenal di Amerika yaitu GrandCanyon. GreenCanyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Obyek wisata ini sebenarnya merupakan aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Sungai ini diapit oleh dua bukit yang ditumbuhi pepohonan sehingga membuat tempat ini menarik untuk dikunjungi.

5 – Baturaden, Purwokerto

Baturaden adalah sebuah taman rekreasi yang dilengkapi dengan kolam renang dengan beberapa wahana lainya. Tempat wisata ini terletak di sebelah selatan gunung slamet. Dengan suhu rata-rata 18C-25C, anda dapat menikmati suasana keindahan alam dan udara yang sejuk. Apabila cuaca cerah anda bisa melihat kota purwokerto serta pantai cilacap dari ketinggian. Selain itu anda juga bisa menikmati beberapa pemandian air panas disini.

6 – Benteng Pendem, Cilacap, Jawa Tengah

Di Cilacap, Jawa Tengah, ada Benteng Pendem yang bisa Anda jadikan sebagai lokasi berwisata. Jika wisata sejarah dinilai terlalu membosankan, seperti hal tersebut tidak akan terasa di benteng peninggalan Belanda ini. Situs sejarah yang berdiri sejak tahun 1877 ini terlihat masih sangat terawat.Terlihat dari namannya, benteng ini berada agak masuk ke dalam tanah sedalam 3 meter, terlihat seperti bunker dan tidak terlihat dari laut. Sebagai benteng, situs ini dibangun cukup lengkap dengan kamar sebanyak 60 buah, gudang amunisi, dapur, hingga ruang medis. Di selatan benteng terdapat sebuah makam kuno dengan pohon besar di sampingnya.

7 – Kraton Yogyakarta dan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta

Siapa yang tidak tahu dengan tempat wisata yang satu ini ? Kraton Yogyakarta memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Gudektersebut.Adabanyak hal yang bisa anda dapatkan disini.Mulai dari aktivitas abdi dalem yang sedang melakukan tugasnya atau melihat koleksi barang-barang Kraton.

Wisatawan juga bisa menikmati pertunjukan seni dengan jadwal berbeda-beda setiap harinya. Pertunjukan tersebut mulai dari wayang orang, macapat, wayang golek, wayang kulit, dan tari-tarian.

Setelah anda puas mengunjungi Kraton Yogyakarta,anda bisa berbelanja sepuasnya di sepanjang jalan malioboro.Tempatnyapun tak jauh dari Kraton Yogyakarta,anda tinggal berjalan keutara kurang lebih lima menit.Disini tersedia banyak pernak pernik perhiasan,mulai dari gantungan kunci,batik,gelang,kalung dan beberapa pernak-pernik perhiasan lainya.

8 – Jatim Park, Batu, Jawa Timur

Jatim park  merupakan sebuah obyek wisata yang memadukan antara pendidikan dan pariwista dimana anda bisa belajar sekaligus bermaindisini. JawaTimur Park berdiri diatas tanah seluas 11 hektar yang berlokasi dilereng bagian timur gunung Panderman dengan ketinggian 850 meter diatas permukaan laut. Obyek wisata ini memiliki lebih dri 50 wahana yang seru dan menarik, diantaranya kolam renang raksasa, drop zone,jet coster dan masih banyak wahana seru lainya.

9 – Kebun Apel Kusuma Agrowisata, Batu, Jawa Timur

Lelah dengan perjalanan mudik, itu artinya Anda harus mampir ke Kebun Apel Kusuma Agrowisata di Kota Batu, Jawa Timur. Berada di Jalan Abdul Gani Atas, hanya sekitar 2,5 km dari pusat Kota Batu. Di kawasan yang sejuk ini Anda bisa berkeliling kebun apel yang berada di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl.

Kusuma Agrowisata memiliki 5 paket wisata apel. Paket-paket tersebut memiliki fasilitas yang dan harga yang berbeda-beda.

10 – Gunung Bromo, Pasuruan

Masih harus menembus perjalanan hingga daerah Jawa Timur? Tenang, banyak tempat-tempat wisata yang siap menyambut. Gunung Bromo salah satunya.

Tidak hanya Gunung Bromo, Anda juga dapat melihat takjubnya pemandangan Gunung Batok dan Gunung Semeru dari sini. Merasakan matahari yang menyapa bumi dengan latar belakang pegunungan yang diselimuti awan. Ini adalah sunrise yang paling sempurna. Anda tidak akan menemukannya di tempat lain.

Namun untuk mencapai kawasan ini, dibutuhkan perjuangan melawan dinginnya udara dengan jalan yang lumayan berkabut. Setelah puas memanjakan mata di Bromo, Anda dapat turun untuk berfoto di kaki gunung yang berpasir luas, warga sekitar menyebutnya “pasir berbisik”. Atau padang savana dengan rumput hijau yang menyejukkan.

 

Lanjut : Mudik Sambil Wisata di Jalur Utara

Sumber : indonesia360derajat.wordpress.com

bluesky Tour & Travel menyediakan berbagai paket perjalanan wisata dalam dan luar negeri, serta pemesanan tiket pesawat semua destinasi.

About the Author
bluesky Tour akan membantu dan melayani untuk kebutuhan ticket anda ke berbagai tujuan keseluruh Indonesia dan luar negeri. email: general@blueskytour.co.id phone: +62 21 230 2929

Leave a Reply

*